Tips Cara Menghilangkan Rasa Sakit Saat Haid

Tips Cara Menghilangkan Rasa Sakit Saat HaidMengalami haid atau menstruasi atau datang bulan rasanya memang sakit. Masa haid atau menstruasi memang hanya terjadi selama beberapa hari setiap bulannya. Namun mengalami rasa sakit akibat proses menstruasi atau haid bisa membuat hari-hari Anda menjadi buruk.

Proses haid atau menstruasi merupakan perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi. Biasanya rasa sakit selalu muncul terutama menjelang datangnya proses haid atau menstruasi.

Rasa nyeri yang dirasakan saat datanya proses haid, tidak hanya terjadi pada perut bagian bawah saja. Biasanya wanita juga merasakan pada bagian punggung bawah, pinggul, pinggang, otot paha atas, dan daerah betis.  Tentu saja semua wanita ingin agar saat haid atau menstruasi tidak menimbulkan rasa sakit. Berikut adalah tips cara menghilangkan rasa sakit saat haid yang bisa dilakukan oleh para wanita.

1. Rutin olahraga ringan. Melakukan jalan kaki, senam, atau bersepeda dapat memperlancar aliran darah pada otot sekitar rahim. Rasa nyeri akibat hadi dapat berkurang.

2. Jangan menggunakan pakaian ketat dan yang dapat menekan perut saat mengalami haid atau menstruasi.

3. Cobalah untuk tidur terlentang dengan mengganjal bagian lutut dan kaki dengan bantal.

4. Gunakan botol berisi air hangat dan tempelkan pada daerah perut Anda. Rasa hangat bisa menghilangkan dan mengurangi rasa nyeri.

5. Pijat daerah perut Anda secara perlahan-lahan untuk mengurangi rasa nyeri.

Rasa nyeri yang muncul bersamaan dengan proses haid atau menstruasi bisa jadi sangat menyebalkan dan merepotkan. Semoga tips cara menghilangkan rasa sakit saat haid atau menstruasi di atas dapat berguna bagi Anda.