Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Berketombe

Cara Mengatasi Rambut Rontok dan BerketombeRambut rontok dan berketombe adalah masalah rambut yang paling sering terjadi. Cara mengatasi rambut rontok dan berketombe sebenarnya mudah untuk dilakukan. Asal Anda rajin merawat rambut Anda dengan beberapa tips berikut ini, masalah rambut rontok dan berketombe akan segara teratasi.

Penyebab ketombe adalah karena kondisi kulit kepala yang terlalu lembab. Jika kulit kepala Anda cenderung berketombe, Anda sebaiknya memilih shampo murni tanpa campuran conditioner. Anda dapat memilih shampo yang mengandung bahan jeruk lemon. Kandungan jeruk lemon bisa membantu mengurangi kelembaban kulit kepala. Anda juga sebaiknya menghindari penggunaan moisturizer. Jika ingin menggunakan moisturizer, gunakan moisturizer hanya di ujung-ujung rambut.

Salah satu penyebab rambut rontok adalah ketombe. Jika Anda memiliki masalah rambut rontok, Anda bisa memperkuat akar rambut dengan menggunakan tonik. Selain itu keramas tiap hari akan membuat kulit kepala tetap sehat. Rambut kepala yang cenderung lembab dan kotor dapat menyebabkan timbulnya ketombe yang menyebabkan rambut rontok.

Rambut rontok juga bisa terjadi setelah Anda sembuh dari penyakit berat, paska melahirkan, kulit kepala tidak bersih, pengaruh konsumsi obat-obatan atau bahan-bahan kimia, dan karena faktor kejiwaan.

Beberapa Cara Tradisional Mengatasi Rambut Rontok dan Berketombe

1. Embun Air Teh

Semangkuk air teh kental diembunkan di luar rumah pada malam hari hingga pagi hari. Untuk menggunakannya, air teh dapat digosok pada kulit kepala Anda pada malam hari, kemudian bungkus rambut Anda dengan handuk.

2. Embun Air Kelapa

Sebau kelapa muda hijau diberi lubang lalu di tambahkan garam sebesar biji asam, lalu kelap diembunkan di luar rumah mulai malam hari hingga pagi hari. Cara menggunakannya, oleskan air pada kulit kelapa sambil dipijat, lakukan secara rutin setelah mandi di sore hari.

3. Kulit Buah Lerak

Rendam kulit buah lerah (12 buah) ke dalam mangkuk berisi air panas setengahnya. Setelah dingin dan banyak busa, oleskan air lerak pada kulit kepala sambil dipijat. Lakukan pengobatan ini secara teratur pada sore hari sesudah mandi.

4. Daun Kacang Panjang

Segenggam daun kacang panjang yang masih muda dicuci, digiling halus, dan diremas-remas dengan 2 sendok makan minyak kastor. Setelah tercampur rata, gosokkan ramuan secara merata pada kulit kepala sambil diurut. Setelah itu, bungkus rambut Anda menggunakan handuk. Lakukan ini pada malam hari.

Cara mengatasi rambut rontok dan berketombe di atas sangat mudah untuk dilakukan. Bagi Anda yang sudah mencoba berbagai cara modern untuk mengatasi rambut rontok dan berketombe, tidak ada salahnya mencoba beberapa ramuan tradisonal di atas untuk mengatasi masalah rambut rontok dan berketombe.