Asam Folat untuk Ibu Hamil dan Sebelum Hamil

Asam Folat untuk Ibu Hamil dan Sebelum HamilSering kita mendengar untuk memberikan asam folat untuk ibu hamil, sebenarnya apa yang dimaksud dengan Asam Folat dan kandungan apa yang ada di dalamnya. Hampir semua ibu hamil mengetahui asam folat, tapi jika ditanya secara mendetail apa itu asam folat dan fungsinya mereka hanya bisa menjawab kalau asam folat tersebut untuk mencegah kelahiran bayi prematur dan cacat lahir. Tetapi apakah sebatas itu saja fungsi asam folat untuk ibu hamil?

Sebenarnya asam folat ini adalah bentuk dari vitamin B9, yang bersifat larut di dalam air. Proses pembentukan asam folat pun terjadi secara alami. Sedangkan untuk industri susu dan suplemen makanan, dilakukan pembentukan asam folat sintetis. Asam folat ini sifatnya larut dalam air dan sangat diperlukan saat pembentukan hemoglobin di dalam sel darah merah kita. Dengan kualitas hemoglobin dan sel darah merah yang baik, kita akan memiliki sistem perkembangan syaraf dan sumsum tulang belakang yang baik juga.

Risiko kelahiran prematur dan cacat akan sangat berkurang jika konsumsi asam folat di masa kehamilan di nilai cukup. Tapi tahukah anda? Ternyata asam folat ini tidak hanya harus tercukupi di saat kehamilan, tetapi juga bagi semua wanita usia subur,meskipun mereka tidak merencanakan kehamilan. Sebagian wanita malah salah kaprah dengan mengkonsumsi asam folat setelah mereka tahu kalau mereka hamil, padahal asam folat itu sangat dibutuhkan di awal-awal kehamilan ( 28 hari kehamilan), yang notabene hampir semua wanita belum menyadarinya. Minimum 0,4 miligram harus terpenuhi setiap harinya bagi wanita, di hitung dari masa sebelum terjadinya pembuahan hingga awal kehamilan. Asam folat untuk ibu hamil memang benar, namun kecukupan asam folat sebelum masa kehamilan justru lebih menentukan kesehatan janin nantinya.